APACARI
APACARI
Keranjang (0)

Hindari 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Paru-Paru Basah Ini!

15 Januari 2024, 14:16 WIB

Penyakit paru-paru basah bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk yang mengakibatkan kondisi paru-paru memburuk. Ini kebiasaan yang menyebabkan paru-paru basah.

Sebagian orang mempercayai bahwa kebiasaan mandi malam dapat menyebabkan paru-paru basah. Padahal, faktanya paru-paru basah disebabkan oleh kebiasaan lain dan mandi malam tidak termasuk di dalamnya. Lantas, apa saja kebiasaan yang bisa menyebabkan paru-paru basah? Ini dia penjelasan lengkapnya.


Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Paru-Paru Basah

Paru-paru basah merupakan nama lain dari kondisi pneumonia. Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi yang menyebabkan paru-paru menjadi meradang dan penuh dengan cairan serta nanah.

Sebagian besar kondisi paru-paru basah terjadi karena pertahanan alami tubuh rusak sehingga memungkinkan bakteri, virus, dan jamur berkembang biak dan menginfeksi paru-paru. Saat paru-paru basah terjadi kamu akan merasakan beberapa keluhan, seperti batuk dengan dahak kental, demam, nyeri dada, dan sesak napas.

Paru-paru basah bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, risiko paru-paru basah dapat meningkat pada orang yang mempunyai kebiasaan, seperti:


1. Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan paru-paru basah. Paparan asap rokok dapat menahan aktivasi respons daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri. Hal ini tentunya meningkatkan risiko untuk terkena pneumonia pada perokok aktif maupun pasif.


2. Jarang Makan

Jarang makan atau kurangnya asupan nutrisi dalam periode waktu yang lama dapat menyebabkan kamu terkena malnutrisi. Nah, orang dengan malnutrisi memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga rentan untuk terkena paru-paru basah. Kondisi malnutrisi biasanya lebih sering dialami oleh anak balita dan lansia.


3. Kebersihan Gigi yang Buruk

Kesehatan gigi dan mulut juga memiliki pengaruh terhadap kejadian paru-paru basah. Berdasarkan sebuah Studi Tahun 2020, orang yang memiliki gigi berlubang dan gigi yang tanggal atau ompong memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena paru-paru basah.

Kebiasaan sikat gigi yang buruk menjadi faktor utama terjadinya gigi berlubang. Gigi berlubang kemudian menjadi sarang mikroorganisme dan bakteri. Nah, mikroorganisme ini memiliki peluang untuk teraspirasi ke dalam paru-paru sehingga berisiko untuk menyebabkan peradangan dan infeksi paru-paru basah.


4. Minum atau Makan Sambil Berbaring

Kebiasaan minum atau makan sambil berbaring dapat menyebabkan paru-paru basah. Kebiasaan ini perlu dihentikan, karena terdapat risiko untuk makanan dan cairan yang masuk bukan menuju saluran pencernaan melainkan paru-paru. Makanan atau cairan yang terperangkap di paru-paru akan membusuk dan meningkatkan jumlah bakteri di dalamnya sehingga terjadilah infeksi pneumonia.


5. Konsumsi Alkohol dan Obat-obatan Terlarang

Konsumsi alkohol berlebihan atau menggunakan obat-obat terlarang dapat membuat kamu kehilangan kesadaran. Akibatnya, saat makan atau minum, makanan atau cairan tersebut dapat tidak sengaja tertelan ke saluran yang salah, yaitu saluran pernapasan. Makanan atau cairan tersebut akhirnya membusuk di paru-paru dan menyebabkan infeksi pneumonia.

Setelah mengetahui macam-macam kebiasaan yang menyebabkan paru-paru basah, kamu bisa mulai mengambil langkah dan menghindari kebiasaan tersebut. Beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan untuk menghindari kondisi paru-paru basah, seperti berhenti merokok, cukupi nutrisi dengan diet sehat, dan tingkatkan kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, jangan lupa untuk minum dan makan dalam posisi duduk dan jauhi alkohol maupun obat terlarang.


Itulah informasi tentang kebiasaan yang menyebabkan paru-paru basah. Semoga ulasan di atas bisa membuat kamu lebih waspada dan memulai gaya hidup sehat ya!


User Image
Admin APACARI
Ayumi Sabrina
Share